Pekan Bahasa Sastra

Pekan Bahasa dan Sastra (PBS)

Kegiatan  Bahasa dan Sastra (PBS) diadakan dalam rangka memperingati Bulan Bahasa yakni Peristiwa Sumpah Pemuda. Dalam kegiatan tersebut terdapat serangkaian acara untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum dalam bidang bahasa dan sastra seperti pameran karya sastra, seminar, lomba, kirab sastra, dan lain sebagainya. Sasaran dan target dari kegiatan ini adalah mahasiswa Universitas Sebelas Maret khususnya mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia, siswa SMP/SMA se-Jawa Tengah dan DIY, masyarakat umum se-Jawa Tengah dan DIY, masyarakat umum se-Asia Tenggara.

Kegiatan Pekan Bahasa dan Sastra  mempunyai tujuan, antara lain menambah wawasan keilmuan mengenai bahasa dan sastra, mengembangkan kemampuan dan kecintaan pelajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, menumbuhkan minat dan bakat mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum untuk lebih giat dalam  kegiatan kebahasaan, meningkatkan kepedulian terhadap bahasa, sastra dan pendidikan, dan menguatkan sisi kebahasaan yang selama ini dipandang lemah. Acara pekan bahasa dan sastra diawali dengan Kirab sastra, lomba-lomba, konser, dan ditutup oleh acara Seminar.

Mahasiswa sedang melakukan Teatikal

Kirab Sastra

Pentas insidental, pembacaan puisi, monolog, flashmob dan masih banyak lagi, yang dimeriahkan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret di Car Free Day Solo sebagai tanda telah dibukanya acara Pekan Bahasa dan Sastra.

adik-adik SMA/SMK di Jateng DIY sedang unjuk gigi

Lomba-Lomba

Lomba Menulis puisi tingkat Asia Tenggara, Lomba Membaca Puisi Jateng-DIY, Lomba Musikalisasi Puisi Nasional. Lomba tersebut diadakan untuk mengajak pelajar dan masyarakat umum untuk berkontribusi memeriahkan acara Pekan Bahasa Sastra dengan mengikuti beberapa kompetisi yang diadakan oleh Himprobsi.

Kost Abu Band sedang berduet dengan Bu Sri Hastuti dosen PBSI UNS

Konser Malam Inagurasi

Acara Konser Malam Inagurasi merupakan Konser pentas seni yang melibatkan mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia dan bersama beberapa band indie lokal, serta melibatkan masyarakat umum untuk memeriahkan acara Pekan Bahasa Sastra. Acara ini juga sebagai puncak acara pemilihan duta Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Luluk Hf sedang memberikan tips-tips menulis

Seminar Nasional

Seminar Nasional Pekan Bahasa dan Sastra, konsisten mengundang pembicara-pembicara luar biasa dalam bidang bahasa dan sastra. Ditambah dengan tema-tema menarik seputar bahasa dan sastra yang akan dibahas tuntas dalam acara tersebut. Hal ini dibuktikan dengan berjalannya seminar dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Seminar nasional PBS 2014: Seno Gumiro Ajidarma (Novelis), Trianto Tiwikromo (Cerpenis), Prof Suyitno (Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia).

Seminar nasional PBS 2015:  Titi Setyoningsih (Novelis, Alumni Bastind 2011), Hanum Rais (Novelis, Pemain Hanum dan Rangga).

Seminar nasional PBS 2016 : Wira Nagara (Comica Stand Up 5), Kurniawan Gunadi (Novelis Lokal, Sastra Puitika)

Seminar nasional PBS 2017: Sujiwo Tejo (Budayawan), Pak Rohmadi (Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia), Gunawan Triatmojo (Novelis) Seminar nasional

Seminar nasional PBS 2018 : Tere Liye (Novelis), Dwitasari (Novelis), Perwakilan Balai Bahasa Jawa Tengah

Seminar nasional PBS 2019: Luluk Hf (Novelis), Rintik Sedu (Novelis), Perwakilan Balai Bahasa Jawa Tengah

Seminar nasional PBS 2020: segera….